Minggu, 03 Juli 2011

Vincent Fang, Tokoh di balik Sukses Jay Chou

Vincent Fang with His Award

Vincent Fang, lahir 26 January 1969 di Hualien, Taiwan. Dia dinominasikan sebagai lyricist di GMA (Golden Melody Award) dan terkenal karena kolaborasinya dengan penyanyi sekaligus penulis lagu terkenal Jay Chou. Vincent Fang, menang sebagai BEST LYRICIST di 19th Golden Melody Awards untuk lyricsnya di yang dinyanyikan oleh Jay Chou di albumnya On the Run.


Pada tahun 1997, dia mengirim beberapa contoh lirik lagunya kepada beberapa perusahaan rekaman, berharap untuk menemukan karir baru yang sesuai dengan keinginannya danjuga bakatnya. Perusahaan rekaman milik Jacky Wu terkesan dengan karyanya dan mengajak Vincent Fang untuk bekerja sama dengan Jay Chou, yang pada saat itu baru saja memulai karirnya dalam dunia music.

Pada tahun 2000, Jay Chou merilis album perdananya berjudul "Jay" dan sejak saat itu dimana Vincent Fang menulis hamper sebagian besar lirik di album tersebut. Nama Jay Chou semakin terkenal dan tenar di Asia, dan membawa nama Vincent Fang juga.

Memulai Karir di Dunia Musik

Selama 2 tahun dimulai pada tahun 1995, dia telah menulis lebih dari 100 lirik lagu, dan berharap bahwa akan ada orang yang tertarik dengan bakatnya. Dia menulis 100 surat yang dikirim ke berbagai perusahaan rekaman agar memakai liriknya, tetapi hanya satu yang membalas surat kirimannya, yaitu Jacky Wu. Yang merupakan orang berpengaruh di dunia pertelevisian Taiwan saat itu.

Pada tahun 1997, saat usianya menginjak 28, Vincent Fang menandatangi kontrak sebagai lyricist. Jacky Wu lah yang mengatur agar Vincent bekerja sama dengan Jay Chou. Bersama, mereka berdua menulis lagu untuk beberapa artist terkenal.

Kolaborasi dengan Jay Chou
Vincent Fang dan Jay Chou

Pada tahun 1998, Vincent Fang dan Jay Chou bekerja sama, dengan menggunakan koleksi 100 lirik milik Vincent Fang. Untuk lagu pertama, Jay Chou mengarang sebuah lagu “You are happier than before” yang dimasukan kedalam album pertama oleh Jacky Wu, mentor mereka. Setelah beberapa lagu, telah menjadi kebiasaan bagi Jay Chou untuk membuat konsep lagu dan menulis melodinya terlebih dahulu, dan selanjutnya baru dimasukan lirik dari Vincent Fang

Setelah 2 tahun, karya mereka berdua telah dipakai oleh beberapa band dan juga artis terkenal seperti Landy Wen, Valen Hsu, Leo Ku, S.B.D.W dan juga Jacky Wu.
Vincent Fang juga menulis sebagian besar lirik dari lagu Jay Chou. Lihat saja lirik kagu Shan Hu Hai, Wo Bu Pei, dan juga banyak sekali lagu – lagu dari album Jay Chou yang terdapat karya Vincent Fang yang menulis liriknya untuk lagu Jay Chou. Hampir sebagian besar lagu Jay Chou liriknya dari Vincent Fang.

Vincent Fang juga tampil di MV salah satu lagu Jay Chou yang liriknya juga ia tulis yaitu Shan Hu Hai. Dimana di MV tersebut dia berperan sebagai tokoh Protagonis.

Awards

Lirik yang ditulis oleh Vincent Fang telah memenangi 2 Taiwan’s Golden Melody Award. Dan juga dia masuk kedalam nominasi selama 8 tahun berturut – turut. Dan Vincent Fang juga memenangi puluhan awards lainnya di Asia sebagai penulis lirik lagu terbaik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More