Jumat, 03 Juni 2011

Jay Chou - Zhou Jie Lun Biography

Zhou Jie Lun World Tour 2007
Jay Chou tradisional Cina: 周杰; Cina disederhanakan: 周杰; pinyin: Zhou Jiélún; Wade-Giles: Chou Chieh-lun; Peh-oe-ji: Chiu Kiat-lun (lahir 18 Januari 1979) adalah musisi Taiwan, penyanyi-penulis lagu, musik dan produser film, aktor dan sutradara yang telah memenangkan World Music Award empat kali. Ia terkenal untuk menyusun semua lagu sendiri dan lagu untuk penyanyi lain. Pada tahun 1998 ia ditemukan di sebuah kontes bakat di mana ia ditampilkan piano dan keterampilan lagu-menulis.  





Selama dua tahun berikutnya, dia disewa menulis untuk penyanyi Mandarin populer. Meskipun ia dilatih di musik klasik, Chou menggabungkan gaya musik Cina dan Barat untuk menghasilkan lagu yang memadukan R & B, rock dan pop genre, yang meliputi isu-isu seperti kekerasan dalam rumah tangga, perang, dan urbanisasi 

Pada tahun 2000, Chou merilis album pertamanya, berjudul Jay, di bawah perusahaan rekaman Alfa Music. Sejak itu ia telah merilis satu album per tahun, kecuali pada tahun 2009, menjual beberapa juta kopi masing-masing. Musiknya telah memperoleh pengakuan di seluruh Asia, terutama di daerah seperti Taiwan, Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Indonesia, India, Singapura, Thailand, Vietnam dan di komunitas Asia di luar negeri, memenangkan lebih dari 20 penghargaan setiap tahun. Dia telah menjual lebih dari 28 juta album di seluruh dunia sampai dengan tahun 2010. 


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More